Sabtu, 30 November 2013

Program 6P



PENDAHULUAN
1.        Latar Belakang
Pendidikan sebagai salah satu sektor terpenting dalam pembangunan terus dipacu oleh pemerinta agar dapat berada pada level mutu dan kualitas yang tinggi sehingga dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi pembangunan, khususnya bagi pendidikan Islam. Al-Fajar Academy Mataram sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam yang turut serta menjalankan amanah pendidikan bagi anak bangsa, terus berusaha meningkatkan pelayanan terhadap peserta didik melalui perencanaan program-program peningkatan mutu layanan. Selanjutnya program-program pendidikan yang ada tetap diusahakan selaras dengan visi dan misi sekolah serta Standar Pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Sejalan dengan penjelasan di atas, maka salah satu upaya yang kami lakukan adalah  dengan pencanangan program-program unggulan sebagai jawaban atas amanah pendidikan yang diemban oleh pihak sekolah. Secara keseluruhan program unggulan ini lahir guna mendukung program peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran di Al-Fajar Academy Mataram. Dalam mengawal keterlaksanaan program unggulan  yang ada tentunya pihak sekolah memerlukan kerja sama dan dukungan semua pihak mulai dari jajaran pimpinan ditingkat Yayasan sampai kepada PTK maupun siswa secara keseluruhan. Adapun rincian 6 program unggulan yang kami maksud sebagai berikut :
1.     Peningkatan akhlak dan adab keseharian siswa (S3K)
2.     Percepatan sistem penghafalan Al-qur’an 3 juz  untuk SD & 2 juz untuk SMP dan pemantapan pembacaan Al-qur’an
3.     Penciptaan iklim berbahasa (baik pada jam assembly maupun 15 menit sebelum pelajaran dimulai)
4.     Peningkatan aktivitas kegiatan mandiri siswa ( Ekstrakurikuler)
5.     Peningkatan kedisiplinan siswa (kerapian, kebersihan, dan tepat waktu
6.     Pengevaluasian proses pembelajaran (Jurnal Mata pelajaran, evaluasi presensi, supervise dan ujian)
Demikian program ini kami rancang. Semoga Allah SWT. Memberikan kami pertolongan dalam menjalankanya, semoga program ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar di Al-Fajar Academy Mataram sebagai upaya menjalankan amanah pendidikan yang diemban kepada kami baik dari pihak orang tua maupun dari pihak sekolah. Dan semoga Allah mencatat usaha kami ini ikhlas mengharapkan pahala dan perjumpaan dengan-Nya kelak dihari akhir.
Mataram,                               2013
Direktur Al-Fajar Academy Mataram

Muhamad Saleh Sukiman, M.P.d











Deskripsi Program Unggulan 6P
1.     Peningkatan akhlak dan adab keseharian siswa
Salah satu cita-cita mulia yang diharapkan dari pendidikan Islam kepada semua generasi muda Islam adalah lahirnya generasi-generasi yang memiliki peradaban yang tinggi dan akhlak yang mulia. Alangkah damainya hati ini manakala melihat anak-anak islam yang tau etika dan adab sopan santun sesuai dengan apa yang digariskan oleh Allah dan Rasul-Nya.
Bisa kita bayangkan bagaimana senangnya seorang guru jika disapa oleh muridnya dengan kata-kata salam dan senyuman sembari mengucapkan “Assalamu’alaikum Pak/Bu”. Atau indahnya sebuah suasana social yang kita temukan manakala seorang siswa menyapa temanya ketika bertemu dalam lingkungan sekolah dengan mengucapkan salam dan senyum persaudaraan. Dan tidakah sebagai orang tua kita semua berharap agar anak kita lahir sebagai seorang anak yang berakhlak mulia dengan menghargai orang tuanya, disapanya ibu dan bapaknya dengan ucapan salam ketika bertemu sembari mencium tanganya.
Inilah contoh kecil bagian dari akhlak mulia yang ingin kami ciptakan di sekolah ini. Walaupun tidak sebatas pada hal tersebut di atas tapi secara umum kami ingin menciptakan kondisi di mana :
a.           Seorang siswa memiliki adab dan sopan santun kepada orang tuanya
b.           Seorang siswa memiliki adab dan sopan santun kepada gurunya
c.           Seorang siswa memiliki adab dan sopan santun kepada sesamanya
d.          Seorang siswa memiliki adab dan sopan santun kepada orang lainnya baik yang dia kenal maupun  tidak dia kenal
e.           Seorang siswa memiliki adab dan sopan santun (kepekaan) kepada lingkungan tempat tinggalnya
Program kami
Untuk mencapai suasana dan harapan tersebut di atas kami mencanangkan program :
1         S3K, yaitu: senyum, salam, sapa dan kepekaan.
2         Pembacaan hadits-hadits   terkait dengan adab dan akhlak setiap ba’da sholat zuhur
Tenik Pelaksanaan Program:
1.     Bagi semua siswa Al-Fajar Academy Mataram diwajibkan untuk membiasakan diri menerapakan program ini dengan memberikan senyum, salam dan menyapa terlebih dahulu semua PTK (guru dan pegawai) di lingkungan sekolah secara khusus dan lingkungan masyarakat secara umum.
2.     Bagi semua siswa Al-Fajar Academy Mataram diwajibkan untuk membiasakan diri menerapkan senyum, salam dan sapa dengan sesama siswa baik  di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat secara umum.
3.     Bagi semua siswa Al-Fajar Academy Mataram diwajibkan untuk membiasakan diri menerapkan program ini dengan memberikan senyuman, salam dan menyapa terlebih dahulu kepada semua tamu yang datang berkunjung ke sekolah.
4.     Bagi semua siswa Al-Fajar Academy Mataram diwajibkan untuk mengasah kepekaan hati melalui kegiatan-kegiatan social, baik kepekaan terhadap teman yang sedang ditimpa musibah, kepekaan kepada guru yang sedang sakit atau terkena musibah maupun kepekaan secara umum kepada kaum muslimin yang sedang ditimpa musibah.
5.     Kepada semua siswa Al-Fajar Academy Mataram diwajibkan untuk mengasah kepekaan terhadap semua fasilitas dan sarana prasarana sekolah yang harus dijaga untuk kepentingan bersama.
6.     Bagi semua siswa Al-Fajar Academy Mataram dihimbau untuk mengasah kepekaan hati dengan memperhatikan dan mengunjungi teman yang sakit dan membutuhkan bantuan, kepekaan terhadap guru yang sedang sakit atau terkena musibah mengumpulkan sumbangan satu kali sebulan dalam bentuk apapun untuk disumbangkan kepada yang berhak menerimanya.
7.     Bagi semua Bapak/Ibu guru dan pegawai diharapkan dapat menjadi teladan kepada semua siswa dalam menerapkan hal ini. Semua PTK diharapkan terus mengingatkan anak-anak akan pentingnya memiliki akhlak mulia dengan menyelipkan nasehat-nasehat atau kisah-kisah yang mencerminkan akhlak mulia di sela-sela pembelajaran atau kegiatan lainya.
8.     Setiap siswa mendapat kesempatan sekitar 10 menit setiap hari untuk menyampaikan satu hadist sebagai nasehat dihadapan para jamaah sholat zuhur yang terdiri dari semua dewan guru dan pegawai Al-Fajar Academy Mataram. Kegiatan ini berlangsung setiap hari secara rutin dan bergantian diantara semua siswa (sesuai dengan urutan kelas masing-masing).
2.     Percepatan system penghafalan Al-Qur’an
Salah satu target unggulan Al-Fajar Academy Mataram yang ditawarkan kepada public dan masyarakat adalah hafalan Al-Qu’ran kepada semua siswa. Standar minimal dalam pencapaian hafalan Al-Qur’an adalah 3 juz bagi semua siswa SD dan 2 juz siswa SMP. Dalam prakteknya kami pihak sekolah berkeinginan kuat untuk melampaui target minimal ini dengan memfasilitasi siswa-siswi yang berkemampuan tinggi untuk bisa menyelesaikan hafalan Al-Qur’an sampai 5 juz.
Tidakkah semua kaum muslimin merindukan lahirnya  generasi-generasi muda Islam yang bisa menghafal Al-Qur’an dan juga sebagian dari mereka  menghafal hadits-hadist Rasulullah yang shohihah, memahami dan mengamalkan kandungannya. Bukankah generasi terbaik dari sahabat Rasulullah sampai kepada ulama-ulama terkemuka ahlusunnah wal jama’ah sudah menghafal Al-Qur’an dalam hitungan  umur belasan tahun bahkan ada yang menghafal Al-Qur’an  dibawah uur 10 tahun dan juga dari mereka ada yang menghafal ribuan hadist-hadist Rasulullah. Kami pihak sekolah merindukan anak-anak islam yang dididik di atas manhaj salafush sholeh, sekelompok dari mereka juga merupakan penghafal-penghafal Al-Qur’an dan juga hadist-hadist Rasulullah. Tidakkah kita semua mengimpikan seorang dai yang dia memiliki kompetensi yang baik dalam ilmu dan dakwah serta menghafal Al-Qur’an dan hadist-hadits Rasulullah dengan baik.
Kami pihak sekolah berkeinginan kuat untuk menciptakan iklim dan suasana belajar yang akan mendorong dan mempengaruhi semua siswa untuk ikut dalam iklim dan suasana baik tersebut. Dan kami melihat dari sekian banyak rutinitas belajar dalam lembaga pendidikan formal yang berjalan di Al-Fajar Academy Mataram program kegiatan menghafal Al-Qur’an 5 juz dan menghafal hadits-hadist Arbain diharapkan  dapat menjadi mutiara yang akan memberikan kemilau ke sekelilingnya dan dapat menjadi ikon pembinaan generasi muda secara tersistem dan berkesinambungan.
Program Kami
Untuk mencapai harapan tersebut di atas kami mencanangkan program :
Kelompok Tahfidzul Qur’an (target minimal hafalan 5 juz mulai dari kelas satu SD sampai SMP kelas 9)
Teknis Pelaksanan program :
a.     Sekolah memfasilitasi siswa-siswi yang berkemampuan tinggi untuk dapat menyelesaikan hafalan Al-Qur’anya sampai 5 juz dengan baik.
b.     Siswa-siswa yang masuk dalam kelompok Tahfidzul Qur’an akan dibimbing oleh satu orang Ust/Ustz yang kompeten dibidangnya dan akan mendapat jam tambahan pembinaan dari guru bersangkutan diluar jam formal yang ditetapkan oleh pihak sekolah.
c.     Al-Fajar Academy Mataram akan menjadi pioneer dalam mendorong terlaksananya keseragaman dan kesinambungan hafalan Qur’an, sehingga semua siswa yang memiliki potensi dan kemampuan tinggi dapat menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 5 juz atau lebih setelah selesai di Al-Fajar Academy Mataram.
3.     Penciptaan Iklim Berbahasa (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
Bahasa adalah alat komunikasi yang paling ampuh dalam keterlibatan kita sebagai anggota masyarakat dan Negara. Oleh karena itu salah satu target unggulan Al-Fajar Academy Mataram dalam menyelenggarakan program pendidikan adalah memberikan life skill (keterampilan) kepada semua siswanya dalam hal bahasa.
Al-Fajar Academy Mataram sampai dengan saat ini masih menjadikan bahasa arab dan bahasa inggris sebagai pilihan utama program unggulan ini. Pemilihan kedua bahasa ini berdasarkan tingkat kebermanfaatanya bagi semua siswa terlebih setelah mereka menyelesaikan pendidikan di Al-Fajar Academy Mataram. Bahasa arab diharapkan mampu menghantarkan semua siswa pada kompetensi dasar untuk mengkaji sumber-sumber agama islam yang shohih secara langsung melalui kajian ilmiah kitab-kita para ulama ahlussunnah (yang sebagian besar tidak berbaris) dan juga mampu berkomunikasi lisan dengan menggunakan bahasa arab yang baik. Kami dari pihak sekolah sangat merindukan generasi muda islam yang memiliki kemampuan dalam dalam mengkaji Islam langsung dari literature atau kitab aslinya. Di samping itu kami juga merindukan anak-anak muda Islam yang memiliki kemampuan bahasa arab lisan yang baik, sehingga dengan bekal tersebut mereka bias berdakwah dan memiliki rasa percaya diri pada saat berintraksi dalam masyarakat.
Adapun bahsa inggris maka pihak sekolah meilihat keberadaan bahasa inggris sebagai alat komunikasi dunia. Kami berharap semua siswa bias memiliki kompetensi dasar dalam komunikasi lisan bahasa inggris karena hal tersebut dapat bermanfaat bagi semua siswa pada saat mereka menyelesaikan pendidikan di Al-Fajar Academy Mataram.
Kami melihat bahwa sekolah perlu mendorong terciptanya iklim berbahasa bagi semua siswa dalam berbahasa arab dan bahasa inggris.Karena PR besar pihak sekolah sampai dengan hari ini adalah kesulitn dalam menemukan formula yang tepat dalam penanganan bahasa. Dari tahun ketahun terasa bahasa lifeskill ini hasilnya belum merata pada semua siswa sehingga terlihat ada gap(jarak/kesenjangan) di antara mereka dalam kemampuan berbahasa. Di samping itu terlihat bahwa sangat sulit bagi para siswa untuk menerapkan ini dalam keseharian mereka disebabkan karena rasa malu atau factor keberanian yang kurang. Hal ini terutama terjadi pada bahasa inggris dan bahasa arab sehingga guru bahasa inggris dan bahasa arab masih menyeisihkan PR besar dalam hal pembinaan bahasa arab dan bahasa inggris bagi semua siswa.
Oleh karena itu pihak sekolah mencoba menciptakan iklim belajar untuk mendorong terciptanya iklim berbahasa yang baik di Al-Fajar Academy Mataram.
Program Kami :
Untuk mencapai harapan tersebut di atas kami mencanangkan program :
a.     Assembly  Arab dan inggris masing-masing 40 menit setiap hari Rabu dan Jum’at. Guru dan siswa wajib berbahasa arab dan inggris
b.     Zona wajib berbahasa (bagi guru bahasa arab dan inggris)
Teknis Pelaksanaan program:
1.     Pihak sekolah bersama semua guru bahasa arab dan bahasa inggris mengoptimalkan kembali kegiatan assembly arab dan inggris yang dilaksanakan pada hari Rabu dan Jum’at. Semua siswa diberikan teks percakapan bahasa arab dan bahasa inggris (dua hari sebelumnya) untuk dihafal dan digunakan dalam percakapan bersama teman-temanya selama waktu yang disediakan.
2.     Percakapan tersebut akan terus diulang-ulang selama 15 menit dengan tujuan untuk melatih siswa dalam berbahasa. Asumsi yang kami buat adalah jika program ini berjalan secara kontinu maka kami menghitung bagi siswa yang belajar selama 6 tahun di SDIT Al-Fajar maka dia mendapatkan kesempatan berbahasa 7200 menit selama 6 tahun untuk bahasa arab dan 7200 menit selama 6 tahun bahasa inggris. Dengan hal ini bias kami berharap dapat membantu meningkatkan bahasa siswa secara keseluruhan karena asumsi yang kami bangun adalah kegiatan ini belum ditambah dengan jam pembelajaran bahasa secara regular di kelas yang mencapai masing-masing 24 jam per bulan untuk kedua bahasa tersebut.
3.     Bagi semua ustadz/dewan guru pengajar bahasa arab dan inggris memiliki zona wajib berbahasa yaitu pada saat berada dijam belajar formal mulai pagi sampai ba’da sholat ashar, pada zona ini guru bahasa arab dan bahasa inggris diwajibkan untuk menggunakan bahasa arab dan bahasa inggris dalam berkomunkasi dengan siswa, karena asumsi kami siapa lagi yang akan kita tunggu untuk mengajak para siswa berkomunikasi dengan bahasa arab dan bahasa inggris kecuali guru bahasa yang bersangkutan.
4.     Peningkatan aktivitas kegiatan mandiri siswa (Ekstrakurikuler)
Sebagai manusia social maka sebuah fitrah yang kami jumpai adalah butyuhnya para siswa untuk mengaktualisasikan dirinya sesuai dengan bakat dan kemampuan mereka. Sehingga dengan demikian sebuah kewajiban kami pihak sekolah untuk memfasilitasi siswa dalam penyediaan kegiatan yang bias menumbuhkan kemandirian, etos kerja dan rasa tanggung jawab pada diri mereka. Untuk hajat tersebut maka pihak sekolah bersama dengan dewan guru memfasilitasi semua siswa melalui kegiatan pengembangan diri atau ekstrakurikuler.
Program kami :
Untuk mencapai asa dan harapan tersebut di atas kami mencanangkan  program ekstrakurikuler:
a.     Kelompok hafalan Al-Qur’an
b.     Kelompok bahasa arab
c.     Kelompok bahasa inggris
d.     Majalah sekolah
e.     Sciance club
f.      Sepak bola
g.     Renang
Teknis pelaksanaan program :
a.     Pihak sekolah melakukan pengrekrutan awal kepada semua siswa untuk memilih kegiatan pengembangan diri apa yang mereka pilih.
b.     Pihak sekolah menunjuk ustadz/dewan guru  untuk menjadi Pembina pada kegiatan tersebut.
c.     Kepada semua siswa dan guru pembinan dibebankan untuk merencanakan kegiatan dalam bentuk program kerja berserta waktu pelaksanaanya.
d.     Kegiatan pengembangan dilaksanakan setiap hari sabtu pagi sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pihak sekolah.
Pihak sekolah berkeinginan kuat untuk menyukseskan kegiatan pengembangan diri majalah sekolah. Karena hal ini bisa menggerakan semua civitas academika di sekolah untuk berkarya. Melalui majalah sekolah pihak sekolah berharap semua elemen sekolah mulai dari siswa sampai dengan PTK untuk berlomba membuat karya yang bisa dimuat di majalah sekolah. Siswa bisa menulis baik artikel, syair, ataupun terjemahan buku/kitab yang akan diserahkan kepada tim redaksi untuk diseleksi sebelum dimuat. Demikian pula guru dan pendidik lainnya bisa membuat tulisan sesuai dengan disiplin keilmuan masing-masing. Di samping itu majalah sekolah ini juga bisa menjadi media untuk memotret kegiatan pembelajaran yang ada di sekolah, mulai dari kegiatan pemebalajaran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, maupun kegiatan sekolah lainnya. Majalah sekolah ini juga kedepannya dihajatkan bisa menjadi media komunikasi yang akan menyambung informasi dari pihak sekolah kepada orang tua wali. Dan yang paling diharapkan dari keberadaan majalah sekolah ini adalah bisa menjadi media dakwah kepada para pembaca sekalian terkait dengan karakater pendidik yang diterapkan di Al-Fajar Academy Mataram yang dibangun di atas ajaran islam yang murni dari Rasulullah dan para sahabatnya.
5.     Peningkatan kedisiplinan Siswa.
Mewujudkan siswa yang disiplin merupakan cita-cita yang harus diwujudkan disemua lembaga pendidikan khusunya di Al-Fajar Academy Mataram. Kami pihak sekolah berkeinginan keras agar semua siswa dan PTK yang ada di Al-Fajar Academy Mataram memiliki komitmen yang kuat dalam mewujudkan hal ini. Bagi kami kedisiplinan merupakan salah satu indicator keberhasilan yang harus kami wujudkan dari sekian banyak indicator keberhasilan yang ada di Al-Fajar Mataram.
Hal ini penting kiranya kami tegaskan mengingat jangan sampai keberadaan siswa di Al-Fajar Mataram justru memberikan sebuah indikasi penurunan dalam hal kedisiplinan. Kami tidak mengingankan siswa-siswi yang masuk ke Al-Fajar Mataram justru menjadi tidak disiplin pada saat berada di lembaga ini. Keinginan kami adalah keberadaan siswa di Al-Fajar Mataram justru akan mengantarkan mereka menjadi siswa yang memiliki kedisiplinan yang tinggi baik dalam tepat waktu, kebersihan, keseragaman dan kerapian. Sehingga akan dijumpai perbedaan yang nyata antara sebelum mereka masuk ke Al-Fajar Mataram dan sesudah masuk ke Al-Fajar Mataram.
Oleh karena itu kami menghimbau kepada semua elemen yang ada di Al-Fajar Mataram untuk membuat komitmen bersama agar mewujudkan program ini dengan sungguh-sungguh.
 Program kami:
Untuk menacapai asa dan harapan tersebut di atas kami mencanangkan program 3K (kedisiplinan, kebersihan dan kerapian). Hal ini meliputi tepat waktu dalam belajar, menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekolah dan rapi ketika datang dan berada di sekolah.
Teknis Pelaskanaan program ini :
a.     Sekolah membuat papan informasi agar siswa tetap mengingat program 3K
b.     Sekolah melalui petugas khsusus mencatat siswa yang terlambat masuk kelas, yang tidak masuk kelas dan yang masbuk sholat zuhur dan ashar.
c.     Sekolah melalui petugas khusus mencatat siswa yang tidak melaksanakan piket kelas dan memeriksa kebersihan kelas di pagi hari sebelum masuk kelas dan di sore hari setelah pulang sekolah. Di samping itu sekolah mengarahkan kepada semua wali/guru kelas agar mengontrol penguncian kelas dan kebersihan kelas.
d.     Sekolah melalui petugas khusus  mencatat siswa yang tidak berseragam setiap hari meliputi pakaian seragam, kopiah dan sepatu. Bagi siswa yang tidak lengkap menggunakan seragam dianggap melakukan tindakan indisipliner.
e.     Kepada semua PTK  diarahkan juga untuk berpakaian yang rapi termasuk kopiah dan sepatu sebagai teladan bagi semua siswa.
6.     Pengevaluasian proses pembelajaran (Jurnal mata pelajaran dan evaluasi presensi, supervise dan ujian)
Evaluasi merupakan poin penting dalam penyelenggaraan proses pendidikan pada sebuah lembaga pendidikan. Tanpa kegiatan evaluasi proses pembelajaran berjalan kurang lengkap. Tidak adanya evaluasi membuat pihak sekolah selaku penyelenggara pendidikan akan kehilangan banyak informasi terkait berjalannya proses pendidikan.
Kami pihak sekolah di tahun ini mendorong penyelenggaraan proses pendidika yang berkualitas dengan tetap menggunakan proses evaluasi sebagai pengontrol dan pengendali mutu pembelajaran. Kami berharap semua elemen pendidikan yang ada di Al-Fajar Mataram mendukung terlaksananya kegiatan evaluasi proses pembelajaran di Al-Fajar Academy Mataram.
Program kami :
Untuk mencapai asa dan harapan tersebut di atas kami merencanakan program :
a.     Jurnal pembelajaran
b.     Evaluasi presensi siswa dan jurnal kegiatan pembelajaran
c.     Evaluasi penilaian siswa dan analisisnya
d.     Supervisi pembelajaran
e.     Gudang soal ujian nasional
Teknis Pelaksanaan Program :
1.     Jurnal Pembelajaran
Jurnal Pembelajaran ini kami hajatkan agar setiap ustadz/dewan guru minimal memiliki rencana sederhana terkait dengan program pembelajaran yang akan dilaksanakan. Kami berharap dengan outline mata pelajaran ini minimal ustadz/dewan guru mengetahui berapa kali harus masuk kelas melaksanakan proses pembelajaran untuk memenuhi dan menyelesaikan beban SKKD mata pelajaran dalam satu semester atau minimal ustadz/dewan guru mengetahui berapa kali harus masuk menyelesaikan materi yang diajarkan dalam satu semester sesuai dengan kalender pendidikan dan jadwal yang ada.
Karena bagi kami perencanaan pembelajaran walaupun sederhana haruslah dilakukan dalam sebuah proses pembelajaran mengingat para siswa harus mendapatkan haknya untuk diajar dan mendapat ilmu pengetahuan secara proporsional. Bayangkanlah jika seandainya guru tidak mengetahui berapa kali dia harus masuk untuk menyelesaikan materi yang diajar dalam satu semester, berapa kali dia harus ulangan dan bagaimana perkembangan anak-anak di pelajaranya, bisa kita prediksi bahwa proses pembelajaran tidak akan berjalan maksimal. Bisa jadi siswa tidak mendapatkan materi secara utuh, ada penegathuan siswa  yang terputus dalam pelajaran tersebut karena tidak disampaikan oleh sang guru, guru bisa jadi tidak memiliki persiapan dalam melaksanakan pembelajaran, guru bisa jadi tidak bisa merencanakan evaluasi (ulangan, penugasan) secara maksimal, sehingga kondisi-kondisi ini akan merugikan siswa dan pihak sekolah secara khusus.
2. Evaluasi presensi siswa dan jurnal kegiatan pembelajaran
Evaluasi presensi ini kami hajatkan untuk siswa, yaitu untuk mengontrol kehadiran siswa pada setiap mata pelajaran. Terkait dengan presensi ini maka semua guru harus mengisinya setiap kali pertemuan pada masing-masing pelajaran. Tujuan kami dengan program ini adalah untuk memudahkan pihak sekolah mengontrol kehadiran siswa setiap mata pelajaran dan juga memudahkan guru mata pelajaran untuk mengetahui keadaan siswa pada mata pelajarannya dalam satu bulan sehingga guru bisa tahu siswa-siswa yang rajin masuk dan siswa yang jarang masuk.
Adapun jurnal pembelajaran adalah kewajiban guru untuk mengisinya. Hal ini dihajatkan agar guru dapat  mensinkronkan jurnal yang ada dengan outline mata pelajaran yang dibuatnya. Dari jurnal ini kita bisa mendapatkan informasi berapa kali guru masuk dan apa materi yang disampaikan dalam setiap pertemuan, apakah rincian tersebut sesuai dengan outline mata pelajaran atau tidak, jika tidak sesuai ada bagian yang perlu ditinjau kembali dalam perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran. Jika jurnal sesuai dengan outline mata pelajaran maka berarti erencanaan pembelajaran sesuai dengan aplikasi pelaksanaanya.
3. Supervisi Pembelajaran
Supervisi proses pembelajaran harus dilakukan oleh kepala sekolah karena inilah salah satu tugas pokok dan fungsi kepala sekolah. Dalam prakteknya kepala sekolah akan membuat jadwal supervise untuk semua guru mata pelajaran dan melaksanakan program tersebut.
Supervisi dilakukan adalah supervise administrasi dan pembelajaran di kelas Dimana kepala sekolah akan memberikan penilaian kepada guru yang mengajar di kelas terkait dengan langkah-langkah yang diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran.
Kepada sekolah akan membuat laporan supervise yang akan disampaikan kepada guru yang disupervisi sebagai bahan untuk evaluasi dan tindak lanjut.
4.     Gudang soal Ujian nasional
Ujian nasional secara konkrit  menjadi program unggulan Al-Fajar Mataram. Karena melalui kegiatan ini sekolah akan mengantarkan siswa-siswinya untuk mendapatkan ijazah pemerintah sebagai bekal bagi mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Kami pihak sekolah mendorong semua guru yang mengajar mata pelajaran UN/USBN  untuk membuat buku gudang soal UN/USBN yang sesuai dengan standar kompetensi lulusan (SKL) yang dikeluarkan oleh badan standar nasional pendidikan (BSNP). Semua guru diharapkan mengumpulkan soal-soal ujian nasional pada masing-masing pelajaran yang diampuh untuk tiga atau empat tahun terakhir. Tujuannya adalah supaya siswa familiar dengan jenis-jenis soal yang muncul dan bisa berdiskusi dengan guru dan temannya di sekolah dalam mencari penyelesaian soal tersebut. Sehingga dengan demikian kami berharap siswa betul-betul memahami karakter soal yang muncul dan cara penyelesaiannya sehingga kami berharap semua siswa lulus pada setiap ujian nasional dengan nilai yang sangat memuaskan.

Penutup
Demikianlah program unggulan yang kami canangkan di Al-Fajar Academy Mataram pada tahun 2012/2013. Kami berharap semua elemen pendidikan dapat membaca dan memahani program besar kami ini guna peningkatan kualitas proses dan hasil belajar di Al-Fajar Academy Mataram. Hal ini sebagai bentuk pengejawantahan amanah pendidika yang diberikan oleh orang tua kepada kami.
Kami sangat berharap semua elemen pendidikan yang ada di Al-Fajar Academy Mataram mulai dari PTK sampai dengan jajaran pimpinan Al-Fajar Academy Mataram mulai dari dewan Pembina, dan yayasan Al-Fajar Assidiq Mataram mendukung program unggulan kami ini.
Selanjutnya kami mengharapkan masukan dan saran dari semua pihak terkait dengan program ini, karena kami sadar bahwa banyak kekurangan yang kami lakukan dalam penyusunan program ini.
Semoga Allah menjadi semua ini sebagai catatan kebaikan kami di sisi-Nya kelak. Kami berharap hal ini bisa menjadi bagian dari ikhtiar kami dalam menjalankan amanah pendidikan ini dan dalam upaya menggapai amal jariah manakala siswa-siswi kami kelak akan menjadi seorang yang berdakwah di jalan Allah. Amin



0 komentar:

Posting Komentar